P2k3 ( Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja ) merupakan wadah kerjasama antara pemgusaha dan pekerja untuk mengembangkan kerjasama saling pengertian dan partisipasi efektif dalam penerapan keselamatan dan kesehatan kerja.

Bagi pekerja,  P2K3 memiliki arti penting sebagai berikut

  1. meningkatkan perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja. P2K3 berperan penting dalam meningkatkan perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja bagi pekerja. P2K3 memiliki tugas dan fungsi untuk merumuskan kebijakan K3 ( Keselamatan dan Kesehatan Kerja ), melaksanakan program K3 ,dan melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan K3 di tempat kerja.
  2. Meningkatkan partisipasi pekerja dalam penerapan K3. P2K3 merupakan wadah bagi pekerja untuk berpartisipasi dalam penerapan k3 ditempat kerja. Melelui P2K3 pekerja dapat menyampaikan saran dan masukan terkait P2K3 , serta terlibat dalam pelaksanaan program K3.
  3. Menciptakan lingkungan kerja yg aman dan sehat bagi pekerja , P2K3 melakukan berbagai upaya untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.
  4. P2K3 melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kesadaran pekerja terhadap K3, seperti memberikan pelatihan dan penyuluhan K3 .
  5. P2K3 memberikan kesempatan bagi pekerja untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam bidang K3 , seperti melalui pelatihan dan sertifikasi K3.
  6.  Meningkatkan kesejahteraan pekerja penciptaan lingkungan kerja yg aman dan sehat akan meningkatkan kesejahteraan pekerja. pekerja akan merasa lebih nyaman dan aman dalam bekerja , sehingga dapat meningkatkan Produktivitas kerja.

Oleh karena itu , P2K3 merupakan salah satu faktor penting dalam menciptakan lingkungan kerja yg aman dan sehat bagi pekerja.          P2k3 harus dibentuk dan dikelola dengan baik agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara efektif.

Serikat Pekerja dapat Berperan dalam P2k3 sebagai berikut :

  • Serikat pekerja dapat mewakili suara pekerja dalam penerapan K3 ditempat kerja,Menyampaikan saran dan masukan terkait K3,Serta Terlibat dalam pengambilan keputusan Terkait K3.
  • Serikat Pekerja dapat melakukan berbagai Upaya untuk meningkatkan kesadaran K3, Seperti memberikan Pelatihan dan Penyuluhan K3.
  • Serikat Pekerja dapat melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan K3 ditempat Kerja,Serikat Pekerja dapat Melaporkan Kepada Pihak Berwenang jika terjadi Pelanggaran K3.

Berikut adalah beberapa Contoh peran serikat pekerja dalam P2K3 :

  • Serikat Pekerja dapat mengusulkan agar perusahaan menerapkan sistem manajemen K3.
  • Serikat Pekerja dapat meminta perusahaan untuk menyediakan alat pelindung diri yg memadai.
  • Serikat pekerja dapat meminta perusahaan unuk melakukan pelatihan K3 bagi pekerja.
  • Serikat Pekerja dapat melaporkan kepada pihak berwenang jika terjadi kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja .

Serikat Pekerja memiliki peran penting dalam P2K3. dengan peran aktif serikat pekerja , diharapkan dapat meningkatkan perlindungan keselamatan dan kesehatan bagi para pekerja , serta menciptakan lingkungan kerja yg aman dan sehat.

Berikut adalah beberapa tips bagi Serikat Pekerja Untuk berperan lebih efektif dalam P2K3.

  • Sering berkonsultasi dengan pekerja terkait K3.
  • Membangun hubungan kerja yg baik dengan Pengusaha.
  • Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota terkait K3 .
  • Melakukan Advokasi terkait K3.

Dengan mengikuti tips tips tsbt, Serikat pekerja dapat berperan lebih efektif dalam P2K3 dan membantu menciptakan lingkungan kerja yg aman dan sehat bagi Pekerja.

 

24 September 2023

sumber ; Nelson F Saragih

Kampanye FSP2KI .