Kekerasan dan pelecehan di tempat kerja dapat terjadi dalam berbagai bentuk,mulai dari pelecehan verbal ,pelecehan fisik,hingga pelecehan seksual.

Hal ini dapat berdampak negatif bagi korban,baik secara fisik,mental maupun emosional.Untuk mrncegah kekerasan dan pelecehan ditempat kerja, diperlukan upaya dari berbagai pihak,termasuk perusahaan,serikat pekerja/karyawan,dan pemerintah.

UPAYA DARI PERUSAHAAN

Perusahaan memiliki tanggung jawab untuk menciptakan lingkungan kerja yg aman dan bebas dari kekerasan dan pelecehan.Upaya yg dapat dilakukan oleh perusahaan antara lain;

1.Memiliki kebijakan dan prosedur yg jelas tentang kekerasan dan pelecehan di tempat kerja.kebijakan ini harus mencakup definisi kekeraan dan pelecehan,jenis-jenis kekerasan danpelecehan,dan tindakan yg akan diambil jika terjadi pelanggaran.

2. Melakukan sosialisasi dan pelatihan tentang kekerasan dan pelecehan di tempat kerja kepada semua kartawan, hal ini bertujuan untuk meningkatan pemahaman karyawan tentang kekerasan dan pelecehan serta bagaimana cara melaporkannya.

3. Menciptakan budaya kerja yg menghargai martabat dan hak asasi manusia,hal ini dapat dilakukan dengan mempromosikan lingkungan kerja yg inklusif dan bebas dari diskriminasi.

UPAYA DARI SERIKAT PEKERJA/KARYAWAN

Serikat pekerja/karyawan juga memiliki peran penting dalam mencegah kekerasan dan pelecehan di tempat kerja. Upaya yg dapat dilakukan antara lain :

  1. Mengembangkan rasa saling percaya dan menghormati dengan rekan kerja. Hal ini dapat membantu menciptakan limgkungan kerja yg lebih positif dan aman.
  2. Bersikap tegas terhadap perilaku yg tidak pantas ,jika melihat atau mengalami perilaku yg tdk pantas, Karyawan harus berani untuk menolak atau melaporkannya.
  3. Memasukan pencegah kekerasan dan pelecehan dalam Perjanjian kerja bersama ( PKB )

UPAYA DARI PEMERINTAH

  1. Mengembangkan regulasi yg melindungi karyawan dari kekerasan dan pelecehan di tempat kerja.
  2. Melakukan Sosialisasi dan edukasi tentang kekerasan dan pelecehan di tempat kerja.
  3. Menegakan hukum terhadap pelaku kekerasan dan pelecehan di tempat kerja.

Dengan upaya dari berbagai pihak,diharapkan kekerasan dan pelecehan di tempat kerja dapat diminimalisir.hal ini penting untuk menciptakan lingkungan kerja yg aman dan nyaman bagi seluruh karyawan.

Berikut adalah beberapa tips spesifik untuk mencegah kekerasan dan pelecehan di tempat kerja:

  1. Hindari situasi yg berbahaya,jika memungkinkan,hindari bekerja sendirian atau ditempat yg sepi.
  2. Komunikasikan batasan dengan jelas,Jika seseorang melakukan sesuatu yg membuat anda tidak merasa nyaman,segera bicarakan dengan mereka.
  3. Bersikap tegas jika Seseorang tidak menghormati batasan anda, jangan ragu untuk mengatakan tidak.
  4. Ikuti naluri anda ,Jika anda merasa ada yg tidak beres ,Percayalah pada naluri Anda.
  5. Laporkan kejadian tersebut .Jika anda mengalami kekerasan atau pelecehan di tempat kerja ,segera laporkan kepada atasan atau pihak berwenang.

Perlu diingat bahwa kekerasan dan pelecehan di tempat kerja tidak pernah menjadi kesalahan korban,Jika anda menjadi korban ,jangan ragu untuk meminta bantuan.

19 September 2023

Nelson F, Saragih Untuk Kampanye FSPKI