KONTRAKTOR PT.TEL KEMBALI GADUH

SP3-Tel Tolak Hsil Bideing  

PT Tanjungenim Lestari Pulp and Paper (PT TeL PP) secara resmi didirikan pada tanggal 18 Juni 1990 dan memulai kegiatan pembangunan pabrik sejak pertengahan tahun 1997 yang berlokasi di Kecamatan Rambang Dangku dan Kecamtan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan yang menempati areal seluas 1.250 ha yang merupakan pembebasan lahan dari Warga di sekitar Ring I, II dan III di 2 (dua) Kecamatan tersebut.

Didalam mendukung operasional produksi PT. Tanjungenim Lestari Pulp and Paper membutuhkan perusahaan kontraktor yang pekerjanya mempunyai peran penting dalam proses produksi PT. Tanjungenim Lestari Pulp and Paper, Jumlah Pekerja Kontraktor lebih kurang 600 orang Pekerja yang bekerja pada beberapa Perusahaan Kontraktor PT. Tanjungenim Lestari Pulp and Paper, adapun Pekerja kontraktor yang bekerja adalah mayoritas masyarakat Ring I, II dan II terdiri dari 20 Desa yang tersebar di 3 Kecamatan di Kabupaten Muara Enim yaitu Kecamatan Belimbing, Kecamatan Empat Petulai Dangku dan Kecamatan Rambang Niru.

Peranan Pekerja Kontraktor terhadap PT. TeLpp antara lain :
1. Pekerja atau Anggota dari Serikat Pekerja Perawatan dan Pelayanan – TEL (SP3-TEL) adalah Pekerja yang bekerja diperusahaan alih daya yang bergerak dibidang Mechanical Maintanance and Others Service, yang telah berkontribusi ke PT. Tanjungenim Lestari Pulp and Paper selama lebih kurang 20 tahun.
2. Pekerja atau Anggota dari Serikat Pekerja Kontraktor PT. TEL (SPK PT. TEL) adalah Pekerja yang bekerja diperusahaan alih daya yang bergerak dibidang Jasa Mechanical Maintenance, Jasa Electrical, Jasa Instrumen, Jasa Kontruksi, Jasa Bongkar Muat dan Jasa Kesehatan yang telah berkontribusi ke PT. Tanjungenim Lestari Pulp and Paper lebih kurang 20 tahun.
3. Pekerja atau Anggota dari Serikat Pekerja Security PT. TEL (SPS PT. TEL) adalah Pekerja yang bekerja diperusahaan alih daya yang bergerak dibidang Jasa Pengamanan yang telah berkontribusi ke PT. Tanjungenim Lestari Pulp and Paper selama lebih kurang 20 tahun.

Dalam hal penyerahan sebagian pekerjaan kepada Perusahaan Kontraktor atau Vendor, PT. Tanjungenim Lestari Pulp and Paper melakukan Tender/Bidding setiap 2 (dua) tahun sekali, hal ini mempunyai dampak terhadap Pekerja Kontraktor seperti Pemutusan Hubungan Kerja secara massal, pengurangan hak-hak pekerja yang didapatkan diperusahaan sebelumnya, upah murah dan pelanggaran normatif lainnya serta tidak adanya kepastian kerja bagi Pekerja Kontraktor pada saat berakhirnya hubungan kerja antara PT. Tanjungenim Lestari Pulp and Paper dengan Perusahaan Kontraktor.

Hal ini telah berdampak Pemutusan Hubungan Kerja secara massal pada Pekerja Kontraktor PT. Truba Jaga Cita dan PT. Taihei Dengyo Indonesia sebanyak 50 orang Pekerja di dua Perusahaan akibat dampak dari Tender/Bidding dan permasalahan ini akan terus berulang ditahun-tahun berikutnya yang berpotensi akan menyumbang angka Pengangguran di Kabupaten Muara Enim hal tersebut sangat bertentangan dengan Program Pemerintah Kabupaten Muara Enim tentang mensejahterahkan masyarakat, dalam hal ini PT. Tanjungenim Lestari Pulp and Paper bertanggung jawab atas kepastian kerja bagi Pekerja Kontraktor PT. Tanjungenim Lestari Pulp and Paper.