Pengertian

Struktur dan skala upah adalah susunan tingkat upah dari yg terendah sampai dengan yg tertinggi atau sebaliknya,yg memuat kisaran nominal upah dari yg terkecil sampai yg terbesar untuk setiap golongan jabatan.

Tahap-tahap menyusun struktur dan Skala Upah

Persiapan : Pada tahap ini perlu mempersiapkan peraturan perundang-undangan yg terkait seperti Undang2 ketenaga kerjaan dan peraturan mentri ketenaga kerjaan No 1 Tahun 2017 tentang struktur dan skala upah.Data dan informasi yg dibutuhkan, Seperti data jabatan,data pekerja,data upah diperusahaan lain, dan kondisi pasar tenaga kerja. Tim penyusun struktur dan skala upah ,yg terdiri dari perwakilan dari perusahaan,pekerja, dan Serikat pekerja.

ANALISA JABATAN. Analisa jabatan merupakan bagian dari proses untuk mendapatkan dan mengolah data jabatan menjadi informasi jabatan yg dijabarkan dalam bentuk uraian jabatan

EVALUASI JABATAN. merupakan bagian dari proses menilai, membandingkan dan membagi peringkat jabatan .

PENENTUAN STRUKTUR UPAH. Pada tahap ini , perlu menentukan struktur upah dengan mempertimbangkan beberapa faktor , Antara lain:

1.Tingkatan jabatan

2. Tanggung jawab jabatan

3.Persyaratan Jabatan

4.Kemampuan Perusahaan

5.Kebutuhan Pekerja

6.Kondisi Pasar.

PENENTUAN SKALA UPAH . Pada tahap ini , perlu menentukan skala upah untuk setiap golongan Jabatan.

PENYEBARAN INFORMASI. Pada tahap ini, perlu menyebarkan informasi mengenai struktur dan skala upah kepada pekerja , Informasi ini dapat di sebarkan melalui pengumuman, rapat atau media lainnya.

LAKUKAN SECARA TRANSPARAN DAN MELIBATKAN PEKERJA. Hal ini Untuk memastikan bahwa struktur dan skala upah yg disusun adil dan dapat diterima oleh pekerja.

PERAN SERIKAT PEKERJA DALAM MENYUSUN STRUKTUR DAN SKALA UPAH. Aantara lain

  1. mewakili kepentingan pekerja untuk memastikan bahwa struktur dan skala upah yg disusun adil dan dapat diterima oleh pekerja.
  2. Mengembangkan standar upah yg dapat dirumuskan berdasarkan analisis jabatan ,Kondisi pasar tenaga kerja , dan kemampuann perusahaan.
  3. Melakukan pengawasan , Hal ini Untuk memastikan bahwa perusahaan mematuhi ketentuan yg berlaku.

Berikut adalah beberapa kegiatan yg dapat dilakukan oleh serikat pekerja dalam membuat struktur dan skala upah;

  1. Mengikuti rapat-rapat penyusunan struktur dan skala upah, untuk memberi masukan dan saran.
  2. Melakukan analisis jabatan Untuk menentukan tingkatan jabatan,tanggung jawab, dan persyaratan jabatan.
  3. mengumpulkan data yg dibutuhkan dalam penyususnan struktur dan skala upah.
  4. Melakukan  sosialisai kepada pekerja mengenai arti penting struktur dan skala upah yg telah disusun.

DENGAN PERAN AKTIF DARI SERIKAT PEKERJA , STRUKTUR DAN SKALA UPAH YG DISUSUN DAPAT LEBIH ADIL DAN DAPAT DITEERIMA OLEH PEKERJA. HAL INI DAPAT MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PEKERJA DAN MENCIPTAKAN LINGKUNGAN KERJA YG LEBIH PRODUKTIF DAN BERKEADILAN.

10,10,2023

Nelson F Saragih Untuk Kampanye FSP2KI ( Federasi Serikat Pekerja Pulp Dan Kertas Indonesia)