TRAINING OF TRAINERS FSP2KI

Pekan Baru, 16 Agustus 2022, Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) menggelar pendidikan fasilitator untuk para pengurus serikat pekerja anggota (SPA). Bertempat di Hotel Grand Hawai Pekanbaru sebanyak 25 peserta hadir dalam pelatihan tersebut.

Presiden FSP2KI Hamdani menjelaskan bahwa pendidikan fasilitator merupakan upaya merespon kebutuhan tenaga pendidik di SPA. Selama ini, pendidikan ditangani langsung oleh Ketua Departemen Pendidikan Pimpinan Pusat FSP2KI, tapi seiring perkembangan basis anggota, dibutuhkan lebih banyak tenaga pendidik. “Kita berharap, akan lahir pendidik yang handal di FSP2KI, ujarnya.

Pendidikan fasilitator merupakan pilihan tepat bagi serikat pekerja karena peserta bukan hanya dididik dengan materi-materi keserikatburuhan, juga dibekali dengan ilmu lain yang berguna untuk meningkatkan kemampuan penting lainnya dalam memfasilitasi pelatihan di serikat pekerja.

Iman Sukmanajaya (staff pendidikan) Federasi Serikat Pekerja Mandiri Perhotelan dan Pariwisata (FSPM) hadir sebagai pemateri dalam pelatihan tersebut. Menurutnya, pendidikan fasilitator sangat diperlukan oleh aktivis serikat pekerja sehingga diharapkan menjadi model pembelajaran bagi anggota di SPA.

Senada dengan Iman, anggota SERBUK Khamid Istakhori yang juga hadir sebagai fasilitator menyebutkan bahwa upaya FSP2KI menggerakkan pendidikan dan mempersiapkan kader terbaik memerlukan keseriusan semua unsur dalam organisasi agar berhasil menciptakan perubahan dalam organisasi. “Pendidikan memerlukan upaya serius dan terus menerus sehingga berdampak besar bagi anggota,” ujarnya.

Selain itu, pendidikan tersebut juga menjadi model pembelajaran baru bagi FSP2KI untuk melibatkan fasilitator dari organisasi lain. Hal ini, merupakan bentuk kerja sama yang dibangun sebagai sesama afiliasi global union. FSP2KI, SERBUK, dan FSPM merupakan afiliasi global union yang terus berupaya membangun kekuatan bersama.